PRINSIP PENGHARGAAN KARIR BIDAN
A.
Visi
Dan Misi Pendidikan Berkelanjutan
1.
Visi
Pendidikan Berkelanjutan
Visi pendidikan
berkelanjutan adalah pada tahun 2010 seluruh bidan telah menerapkan pelayanan
yang sesuai standar praktik bidan internasional dan dasar pendidikan minimal
Diploma III Kebidanan
2.
Misi
Pendidikan Berkelanjutan
Misi pendidikan
berkelanjutan, mencakup :
a.
Mengembangkan
pendidikan berkelanjutan berbentuk ” sistem”
b.
Membentuk
unit pendidikan bidan di tingkat pusat, provinsi, daerah , kabupaten, dan
cabang
c.
Membentuk
tim pelaksanaan pendidikan berkelanjutan
d.
Mengadakan
jaringan dan bekerjasama dengan pihak terkait.
B.
Sasaran
dan Tujuan Pendidikan Berkelanjutan
1.
Tujuan
pendidikan berkelanjutan
Tujuan pendidikan
berkelanjutan kebidanan , yaitu :
a.
Pemenuhan
Standar
b.
Meningkatkan
produktivitas kerja
c.
Efisiensi
d.
Meningkatkan
kualitas pelayanan
e.
Meningkan
moral
f.
Meningkatkan
karir
g.
Meningkatkan
kemampuan konseptual
h.
Meningkatkan
keterampilan kepemimpinan
i.
Imbalan
j.
Meningkatkan
kepuasan konsumen
2.
Sasaran
dalam pendidikan berkelanjutan
a.
Bidan
praktik swasta
b.
Bidan
berstatus pengawai negeri
c.
Tenaga
kesehatan lainnya
d.
Kader
kesehatan
e.
Dukun
beranak
f.
Masyarakat
umum
C.
Jenis
Dan Karakteristik Pendidikan berkelanjutan
a) Pendidikan
Formal
Pendidikan Formal
dirancang dan diselenggarakan oleh pemerintah dan swasta dengan dukungan IBI
adalah Program D III dan D IV Kebidanan. Pemerintah juga menyediakan dana bagi
bidan (disektor pemerintah) untuk tugas belajar ke luar negeri. IBI juga mengupayakan
adanya badan-badan swasta dalam dan luar negeri untuk program jangka pendek dan
kerjasama dengan Universitas di dalam negeri.
b) Pendidikan
Non Formal
Pendidikan Non Formal
telah dilaksanakan melalui program pelatihan, magang, seminar atau lokakarya
dan program non formal lainnya yang merupakan kerjasama antara IBI dan lembaga
Internasional yang dilaksanakan di berbagai propinsi. IBI juga telah
mengembangkan suatu program mentorship dimana bidan senior membimbing bidan
junior dalam konteks profesionalisme kebidanan.
· Karakteristik
Pendidikan Lanjut
Pendidikan
berkelanjutan bidan sebagai sistem memiliki karakteristik sebagai berikut:
a) Komprehensif
Sistem pendidikan
berkelanjutan harus dapat mencakup seluruh anggota profesi bidan
b) Berdasarkan
analisis kebutuhan
Sistem pendidikan
berkelanjutan menyelenggarakan pendidikan yang berhubungan dengan tugas (job
related) dan relevan dengan kebutuhan masyarakat terhadap pelayanan kesehatan.
c) Berkelanjutan
Sistem pendidikan
berkelanjutan menyelenggarakan pendidikan yang berkesinambungan dan berkembang.
d) Terkoordinasi
secara internal
Sistem pendidikan
berkelanjutan bekerjasama dengan institusi pendidikan dalam memanfaaatkan
berbagai sumber daya dan mengelola berbagai program pendidikan berkelanjutan.
e) Berkaitan
dengan sistem lainnya
Sistem pendidikan
berkelanjutan memiliki tiga 3aspek subsistem yang merupakan bagian dari
sistem-sistem yang lain di luar sistem pendidikan yang berkelanjutan. Ketiga
aspek tersebut adalah :
o
Perencanaan tenaga kesehatan (health
manpower planning)
o
Produksi tenaga kesehatan (health
manpower production)
o
Manajemen tenaga kesehatan (health
manpower management)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar