Rabu, 02 Agustus 2017

PRINSIP PENGHARGAAN KARIR BIDAN



PRINSIP PENGHARGAAN KARIR BIDAN

A.    Visi Dan Misi Pendidikan Berkelanjutan
1.      Visi Pendidikan Berkelanjutan
Visi pendidikan berkelanjutan adalah pada tahun 2010 seluruh bidan telah menerapkan pelayanan yang sesuai standar praktik bidan internasional dan dasar pendidikan minimal Diploma III Kebidanan
2.      Misi Pendidikan Berkelanjutan
Misi pendidikan berkelanjutan, mencakup :
a.       Mengembangkan pendidikan berkelanjutan berbentuk ” sistem”
b.      Membentuk unit pendidikan bidan di tingkat pusat, provinsi, daerah , kabupaten, dan cabang
c.       Membentuk tim pelaksanaan pendidikan berkelanjutan
d.      Mengadakan jaringan dan bekerjasama dengan pihak terkait.

B.     Sasaran dan Tujuan Pendidikan Berkelanjutan
1.      Tujuan pendidikan berkelanjutan
Tujuan pendidikan berkelanjutan kebidanan , yaitu :
a.       Pemenuhan Standar
b.      Meningkatkan produktivitas kerja
c.       Efisiensi
d.      Meningkatkan kualitas pelayanan
e.       Meningkan moral
f.       Meningkatkan karir
g.      Meningkatkan kemampuan konseptual
h.      Meningkatkan keterampilan kepemimpinan
i.        Imbalan
j.        Meningkatkan kepuasan konsumen
2.      Sasaran dalam pendidikan berkelanjutan
a.       Bidan praktik swasta
b.      Bidan berstatus pengawai negeri
c.       Tenaga kesehatan lainnya
d.      Kader kesehatan
e.       Dukun beranak
f.       Masyarakat umum
C.     Jenis Dan Karakteristik Pendidikan berkelanjutan
a)      Pendidikan Formal
Pendidikan Formal dirancang dan diselenggarakan oleh pemerintah dan swasta dengan dukungan IBI adalah Program D III dan D IV Kebidanan. Pemerintah juga menyediakan dana bagi bidan (disektor pemerintah) untuk tugas belajar ke luar negeri. IBI juga mengupayakan adanya badan-badan swasta dalam dan luar negeri untuk program jangka pendek dan kerjasama dengan Universitas di dalam negeri.
b)      Pendidikan Non Formal
Pendidikan Non Formal telah dilaksanakan melalui program pelatihan, magang, seminar atau lokakarya dan program non formal lainnya yang merupakan kerjasama antara IBI dan lembaga Internasional yang dilaksanakan di berbagai propinsi. IBI juga telah mengembangkan suatu program mentorship dimana bidan senior membimbing bidan junior dalam konteks profesionalisme kebidanan.

·      Karakteristik Pendidikan Lanjut
Pendidikan berkelanjutan bidan sebagai sistem memiliki karakteristik sebagai berikut:
a)    Komprehensif
Sistem pendidikan berkelanjutan harus dapat mencakup seluruh anggota profesi bidan
b)   Berdasarkan analisis kebutuhan
Sistem pendidikan berkelanjutan menyelenggarakan pendidikan yang berhubungan dengan tugas (job related) dan relevan dengan kebutuhan masyarakat terhadap pelayanan kesehatan.
c)    Berkelanjutan
Sistem pendidikan berkelanjutan menyelenggarakan pendidikan yang berkesinambungan dan berkembang.
d)   Terkoordinasi secara internal
Sistem pendidikan berkelanjutan bekerjasama dengan institusi pendidikan dalam memanfaaatkan berbagai sumber daya dan mengelola berbagai program pendidikan berkelanjutan.
e)    Berkaitan dengan sistem lainnya
Sistem pendidikan berkelanjutan memiliki tiga 3aspek subsistem yang merupakan bagian dari sistem-sistem yang lain di luar sistem pendidikan yang berkelanjutan. Ketiga aspek tersebut adalah :
o   Perencanaan tenaga kesehatan (health manpower planning)
o   Produksi tenaga kesehatan (health manpower production)
o   Manajemen tenaga kesehatan (health manpower management)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar